50 Tahun Menjadi Wartawan Musik, Bens Leo Kenalkan Buku Jurnalisme Musik

- Jumat, 22 Oktober 2021 | 15:40 WIB
Musisi senior Dwiki Dharmawan apresiasi buku terbaru Bens Leo (Dok. Bens Leo)
Musisi senior Dwiki Dharmawan apresiasi buku terbaru Bens Leo (Dok. Bens Leo)


HALLO SELEB - Peringati ulang tahunnya yang ke 69, sekaligus peringati perjalanan karirnya yang ke 50, pengamat musik beken, Bens Leo merilis buku terbarunya. Judul bukunya adalah “Bens Leo dan Aktuil, Rekam Jejak Jurnalisme Musik".

Aktuil sendiri menjadi judul besar karena merupakan nama majalah musik terkenal di Indonesia yang terbit sekitar tahun 1970-an. Majalah Aktuil sendiri ikut andil membesarkan nama Bens Leo sebagai wartawan musik.

"Sejak tahun 1971, saya menjajal karier sebagai wartawan tulis bahkan juga merangkap sebagai fotografer. Beberapa foto untuk cover majalah Aktuil, saya juga yang mengabadikannya,” ujar Bens Leo.

Hasil karya tulis berikut foto yang dibuat Bens di musik di majalah Aktuil itu pula, yang kemudian mengilhami lahirnya buku setebal 230 halaman, yang diterbitkan Museum Musik Indonesia* bersama Media Nusa Creative ini.

Baca Juga: Rayakan 8 Anniversary Bersama Sarwendah, Ruben Onsu Ungkap Makna Tanggal Pernikahannya

Baca Juga: Sinopsis Ikatan Cinta 22 Oktober 2021: Al Temui Denis, Rendy Bahagia Lamarannya Diterima Ketrin

Sebagai wartawan musik senior, perjalanan Bens Leo memang sulit ditandingi jurnalis seusianya. Ia mampu bertugas rangkap sebagai penyiar radio, master of ceremony, narasumber terpercaya, juri ahli dalam berbagai lomba nyanyi/band tingkat nasional dan internasional. Karena itu pula, sesungguhnya, banyak penerbit yang pernah meminta Mas Bens untuk membuat buku berisi kisah pribadinya.

“Tapi saya merasa perjalanan saya belum layak dijadikan buku biografi, di samping saya tidak cukup watu untuk menulis,” ungkap pria yang menikah dengan dokter ahli gizi dr. Pauline Endang Praptini MS, Sp.GK dan mempunyai satu anak Addo Gustaf ini,

Namun, ketika Hengki Herwanto, pendiri Museum Musik Indonesia (MMI) membujuk Mas Bens menulis buku yang memuat kembali tulisan dan foto-fotonya sebagai wartawan musik Aktuil, Bens baru tertarik. Apalagi, menurut Bens, Henky Herwanto, mengingatkan bahwa tahun 2021 ini, perjalanan karier jurnalistiknya pas memasuki angka bagus : 50 tahun!

Halaman:

Editor: Yanwar

Tags

Terkini

Pandemi, IDPFEST Tetap Diminati Banyak Peserta

Senin, 18 Oktober 2021 | 22:19 WIB

Setelah Jakarta, AmPM Kenalkan Amsterdam

Sabtu, 16 Oktober 2021 | 15:20 WIB

Musisi Apresiasi Acara Bedah Musik Yang Digelar BPIP

Jumat, 15 Oktober 2021 | 22:29 WIB

'Until Jannah', Kisah Cinta Faank Wali dan Fatin

Senin, 4 Oktober 2021 | 15:51 WIB

Terpopuler

X