IDI Ingatkan Pemerintah Antisipasi Datangnya Gelombang Ketiga Pandemi Covid

- Senin, 15 November 2021 | 13:25 WIB
Ketuam PB  Ikatan Dokter Indonesia (IDI), Daeng M Faqih (instagram)
Ketuam PB Ikatan Dokter Indonesia (IDI), Daeng M Faqih (instagram)

HALLO SELEB - Tak ingin mengulang kegawatdarutan Covid-19 saat terjadi gelombang kedua, Daeng M Faqih minta pemerintah mulai antisipasi datangnya gelombang ketiga Covid-19.

Ia minta pemerintah sudah siapkan fasilitas kesehatan secara matang. Hal ini diingatkan Ketua Umum Pengurus Besar Ikatan Dokter Indonesia (IDI).

Daeng tak ingin saat banyak korban berjatuhan fasilitas kesehatan kelabakan dan tak siap melayani pasien.

"Kita pengalaman pada gelombang ke-2 kekurangan tempat perawatan, obat dan alat serta oksigen. Ini semua baiknya dipersiapkan dan direncanakan dengan baik untuk antisipasi kalau gelombang ke-3 terjadi," katanya.

Mengutip dari Merdeka, Senin (15/11/2021), selain mempersiapkan dari sisi hilir, pemerintah juga harus memperkuat hulu. Misalnya, menjaga ketat pintu masuk bagi pelaku perjalanan internasional, memperketat penerapan protokol kesehatan, mempercepat vaksinasi, dan memperkuat testing dan tracing.

Baca Juga: Usai Membully Anies Baswedan, Kiky Saputri Dijuluki 'Cebong'

"Negara-negara tetangga kita kasus covidnya tinggi. Beberapa negara Eropa meningkat, berpotensi masuk ke Indonesia. Jadi harus tetap waspada," ujarnya.

Sebelumnya, Juru Bicara Vaksinasi Covid-19 dari Kementerian Kesehatan, Siti Nadia Tarmizi mengatakan gelombang ketiga Covid-19 pasti terjadi.

Prediksi sejumlah epidemiologi, gelombang ketiga Covid-19 di Indonesia akan terjadi sejak Desember 2020 hingga Januari 2021.

Halaman:

Editor: Ari Utari

Tags

Artikel Terkait

Terkini

SBY Ungkap Kondisinya Saat Ini Setelah Operasi Prostat

Selasa, 23 November 2021 | 16:49 WIB

Legenda Bulu Tangkis Verawaty Fajrin Tutup Usia

Minggu, 21 November 2021 | 10:48 WIB

Terpopuler

X