Meski Trend Level PPKM Turun di Sejumlah Daerah, Menko Luhut Tetap Ingatkan Lonjakan Covid-19 di Akhir Tahun

- Selasa, 16 November 2021 | 10:52 WIB
Menko Luhut  B Pandjaitan
Menko Luhut B Pandjaitan

HALLO SELEB - Meski pemerintah pusat dan daerah berhasil menurunkan PPKM ke level 1, namun tetap harus waspada. Hal ini diingatkan Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, Luhut B Pandjaitan atau Menko Luhut.

Menurutnya, makin bertambahnya Kabupaten/Kota yang masuk dalam PPKM level 1, dan 10 Kabupaten/ Kota yang masuk dalam Level 2, menunjukkan keberhasilan penanganan Covid-19. Total ada 26 Kabupaten/Kota masuk level 1 dan 61 Kabupaten/Kota yang masuk pada level 2, dan level 3 menjadi 41 Kabupaten/Kota.

Dalam keterangan tertulisnya, Senin (15/11/2021), Menko Luhut mengurai, keseluruhan Kabupaten/Kota yang masuk level 1 dan 2 ini sudah akan berlaku dalam dua minggu ke depan. Terkait detail keputusan ini akan kembali dituangkan dalam Inmendagri.

Namun walau sudah menunjukkan trend penurunan level, Menko Luhut tetap mengingatkan pentingnya kehati-hatian bersama kembali. Pasalnya, terdapat indikasi peningkatan Rt (angka reproduksi efektif) yang menunjukkan sinyal peningkatan kasus, khususnya di Jawa Bali dalam sepekan terakhir ini.

Baca Juga: BPBD Peringatkan Cuaca Ekstrem, Jabodetabek Berpotensi Banjir

Dari data terlihat beberapa Kabupaten Kota di Jawa Bali mulai mengalami peningkatan kasus dan perawatan mingguan. Khusus wilayah Jawa Bali terdapat 29 persen Kabupaten/Kota yang mengalami peningkatan kasus, dibandingkan minggu lalu dan 34 persen Kabupaten Kota yang mengalami peningkatan orang yang dirawat dibandingkan minggu lalu.

 Menko Luhut mengingatkan, kehati-hatian harus dilakukan terutama untuk menghadapi Nataru (Natal dan Tahun Baru). Saat ini indikator Google Mobility yang memantau pergerakan masyarakat di Jawa Bali menunjukkan kenaikan yang cukup signifikan, di atas periode Nataru tahun lalu dan mendekati posisi Periode Idul Fitri pada Mei-Juni 2021.

Ia juga minta agar seluruh masyaralat tetap berhati-hati mengingat masih terdapat 47 persen Kabupaten/Kota di Jawa Bali yang suntikan dosis pertama vaksinasi untuk lansianya masih di bawah 50 persen, dan 75 persen Kabupaten/Kota di Jawa Bali yang suntikan vaksinasi dosis kedua-nya masih di bawah 50 persen. Lebih rinci lagi, masih ada 16 Kabupaten/Kota di Jawa-Bali yang cakupan vaksinasi umum dan lansia dosis 1 yang masih di bawah 50 persen.

Menko Marves Luhut Binsar Pandjaitan, menyebutkan penerapan PPKM Level 2,3, dan 4 menunjukkan perbaikan.

Halaman:

Editor: Ari Utari

Tags

Artikel Terkait

Terkini

SBY Ungkap Kondisinya Saat Ini Setelah Operasi Prostat

Selasa, 23 November 2021 | 16:49 WIB

Legenda Bulu Tangkis Verawaty Fajrin Tutup Usia

Minggu, 21 November 2021 | 10:48 WIB

Terpopuler

X